Karawang - Lingkarpenews.comDalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-78, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menggelar serangkaian kegiatan bakti sosial (baksos) dan pembagian bantuan sosial (bansos) dipimpin Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si beserta jajaran perwira tinggi Polri, dan para penerima bansos dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.


Dan hari ini jajaran Polri kembali menggelar Bakti Kesehatan 1 Juli 2024 yang bertempat di Lapangan Karangpawitan, Kab Karawang, Jawabarat, kegiatan ini hadiri  oleh Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si, dan dilaksanakan secara Serentak diseluruh Biddokkes Polda & Rumkit Bhayangkara jajaran. Rabu (2/6/2024).


Kegiatan Bakti kesehatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian sosial Polri kepada masyarakat dalam membangun dan menjaga kepercayaan, sekaligus sebagai upaya meningkatkan kemitraan antara Polri dengan masyarakat dalam rangka Hari Bhayangkara ke -78.

Kegiatan tersebut dihadiri Pju Mabes Polri, Kapolda jabar, PJU Polda Jabar, Forkopimda Prov Jabar, Forkopimda Karawang, Tokoh masyarakat Karawang, Kapolres Wilayah Hukum Prov Jabar, Instansi Samping Prov Jabar, Instansi samping Kab Karawang.


Kehadiran Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si, didampingi Ibu Ketum Bhayangkari Ny Juliati Sigit Prabowo dan PJU Mabes Polri,  dan Kapolda Jawabarat Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M, disambut Tari goyang karawang persembahan Polres Karawang.


Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si, melaksanakan dialog interaktif dengan kewilayahan diantaranya Polda Aceh, Polda Sumatra selatan, Polda Jatim, Polda Maluku, dan Polda Papua.


Pelayanan kesehatan dilakukan oleh Pusdokkes Polri, Rumkit Bhay TK I Pusdokkes Polri, Biddokkes Polda Jabar, dan sejumlah Rumkit Bhay lainnya beserta Dinkes Kab Karawang, BKKBN, dan Nakes TNI. dengan jumlah nakes sebanyak 284 orang.


Dalam kesempatan tersebut Bapak Kapolri dan rombongan melakukan peninjauan tempat pelayanan kesehatan Kapolri dan ke stand/booth Bakti kesehatan Hari Bhayangkara ke-78, Kapolri menyapa penyandang disabilitas sekaligus memberikan alat bantu kaki palsu serta paket bingkisan, dengan humanis Kapolri foto bersama para penyandang disabilitas dilokasi tersebut.


Karodokpol Pusdokkes Polri Brigjen A Nyoman Eddy .P.W.,Sp.F.,DFM menyatakan, bahwa kegiatan bakti kesehatan pengobatan gratis ini dilaksanakan untuk menyambut Hari Bhayangkara ke-78. Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan maupun pengobatan gratis,” ucapnya.


Diungkapkan bawa hari ini pelayanan kesehatan yang digelar meliputi  pelayanan kesehatan pengobatan umum, pengobatan spesialis mata/Ops Katarak, pemberian kaca mata baca, pengobatan spesialis THT, pengobatan spesialis anak dan penanganan stunting, pengobatan spesialis jantung, pengobatan gigi, pelayanan kesehatan disabilitas, vasksinasi influenza/polio, khitanan massal, bedah minor, pelayanan KB, Donor darah, bantuan hidup dasar, Ops celah  bibir/lelangit dengan jumlah keseluruhan sebanyak 3800. ungkapnya.


Lanjutnya, Tidak hanya itu, yang menjadi fokus dan merupakan atensi pimpinan adalah layanan terhadap saudara- saudara kita penyandang disabilitas, tidak hanya mendapatkan pelayanan disini, namun dilakukan diseluruh indonesia, dimana dalam kesempatan ini sebanyak 50 orang mendapatkan layanan kesehatan dan 50 orang lagi mendapatkan alat bantu,seperti kaki palsu, alat bantu lutut, puluhan kursi roda, tongkat netra dari berbagai disabilitas untuk saudara kita. ujarnya.

“Saat ini juga sudah kita pecahkan rekor MURI, terkait pelayanan disabilitas terbanyak seluruh indonesia sebanyak 10.000, bahkan kita sudah melewati target 10.000 itu sekitar 13000, sudah diserahkan juga sertifikat MURI kepada Kapusdokkes Polri disaksikan oleh Bapak Kapolri, tandasnya. 

( Ripai)

Advertisement

image